|
|
|
|
|
Detail Berita

Baitul Mal Pidie Jaya Salurkan Bantuan Dana Rehab Rumah Kepada Mustahik Zakat

Meureudu – Baitul Mal Kabupaten Pidie Jaya dalam tahun 2016 kembali salurkan zakat kepada 27 mustahik dalam Kabupaten Pidie Jaya. Penyaluran bantuan dari Asnaf  fakir, miskin dan Amil yang di  alokasikan untuk program Rehab Rumah Fakir/ Miskin yang tidak layak huni. Acara dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Oktober 2016 bertempat di Aula Kantor Bupati Lama Pidie Jaya yang di hadiri oleh Wakil Bupati Pidie Jaya, Kepala Kantor Kankemenag Pidie Jaya, Kepala Kantor Mahkamah Syariyah Meureudu, Kepala SKPK dan Muspika dalam Kabupaten Pidie Jaya serta Para Mustahiq Rehab Rumah Zakat.

Kepala Baitul Mal Pidie Jaya, Tgk. Marzuki H. M. Ali, SH  mengatakan, Bantuan Rehab Rumah Fakir/ Miskin ini diberikan kepada Kecamatan: Bandar Baru 5 unit, Panteraja 2 unit, Trienggadeng 4 unit, Meureudu 4 unit, Meurah Dua 2 unit, Ulim 3 unit Jangka Buya 2 unit dan Bandar Dua 5 unit dengan anggaran per unit Rp. 25 Juta Rupiah.

Pembagian untuk tiap Kecamatan disesuaikan dengan persentase jumlah penduduk di kecamatan masing-masing.“Bantuan ini diberikan untuk  mengurangi jumlah rumah fakir dan miskin yang tidak layak huni  di Kabupaten Pidie Jaya yang diperkirakan ada  4000 unit.,” kata Tgk. Marzuki H. M. Ali, SH  dalam sambutan  pada kegiatan acara tersebut.

Dana yang dianggarkan untuk program ini bersumber dari dana zakat tahun 2016 yaitu sebesar Rp.675 Juta  yang telah di SK-kan oleh Bupati Pidie Jaya untuk dapat dilaksanakan oleh Kepala Baitul Mal Pidie Jaya  sebagai Koordinator.

Sementara Wakil Bupati Pidie Jaya dalam bimbingan dan arahan menyampaikan,” Mustahiq zakat rehab rumah fakir/ miskin yang telah ditetapkan merupakan hasil pemantauan langsung Bupati dan Wakil Bupati disertai Kepala Baitul Mal Pidie Jaya yang hampir setiap pagi Jum’at turun ke desa- desa menyaksikan langsung kondisi masyarakat setempat.

Beliau berharap setiap masyarakat yang telah mendapatkan Bantuan Pembangunan Rumah Baru atau Rumah rehab supaya dapat mensyukuri dan terus meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Pemerintah  terus berupaya mengurangi rumah tidak layak huni di Kabupaten Pidie Jaya baik itu dari dana APBN, APBA dan APBK sebagaiman yang telah dilakukan 2 tahun sebelumnya yang telah terealisasi 1000 unit.

Penyerahan Dana Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati, Kakankemenag, Kepala Mahkamah Syariyah, Kepala Baitul Mal Pidie Jaya, Kapolsek Meureudu dan Danramil Meureudu.

 

Nishab

Infaq/Shadaqah

Zakat Fitrah

Zakat Emas/Perak

Zakat Perdagangan

Zakat Pendapatan

Zakat Pertanian/Perkebunan

Zakat Perternakan/Perikanan

Zakat Pertambangan

Rikaaz

Pertanyaan


BOLEHKAH ZAKAT PERTANIAN DI JUAL OLEH AMIL KEMUDIAN DIBERIKAN UANG KEPADA MUSTAHIK..DIMANA DALAM PENJUALAN BELUM SE IZIN MUZAKKI



Kirim Pertanyaan


 
  • Bank Mandiri Syariah
    No. Rek. 431.0002.29.9

  • BRI Unit Meureudu
    No. Rek. 3970-01-000174-30-4

  • Bank Aceh Cabang Meureudu
    No. Rek. 085.01.02.590109-2
    No. Rek. 085.01.02.590110-9

 
 
Copyright © 2011. Baitul Mal Kabupaten Pidie Jaya - All Rights Reserved
Jalan Iskandar Muda (Kompleks Kantor Bupati Pidie Jaya)
email : admin@baitulmalpidiejaya.or.id