|
|
|
|
|
Arsip Berita

Gandakan Rizki dengan Sedekah

Ketika Anda mulai terasa bosan dengan pekerjaan, jenuh dengan suasana kantor, karir yang tidak lancar, segeralah untuk bersedekah. Bila ada tanda-tanda Anda telah mulai berputus asa di tempat kerja, segeralah bersedekah. Karena dengan bersedekah akan memaksa Anda bekerja keras. Dengan bekerja keras Anda akan mendapatkan nafkah. Dengan nafkah itu Anda berkesempatan untuk menunaikan sedekah.

Bahkan, bekerja itu sendiri, keringat yang Anda peras sehari-hari, adalah sedekah. Bekerja keras menjadi sedekah bila Anda niatkan untuk kebaikan: kebaikan diri sendiri, kebaikan keluarga, kebaikan masyarakat, dan juga bangsa. Dengan bekerja keras Anda dapat memberi nafkah keluarga. Nafkah yang Anda berikan kepada keluarga dinilai sebagai sedekah.

Dengan bekerja keras Anda dapat memberi beasiswa bagi mereka yang putus sekolah. Langkah yang Anda lakukan itu membuat orang dapat melanjutkan belajar dan menuntut ilmu. Ilmu yang mereka dapatkan dapat diamalkan untuk kebaikan banyak orang dan kemajuan peradaban. Sekali lagi, beasiswa yang Anda berikan kepada anak putus sekolah dinilai sebagai sedekah.

Sedekah memberi sugesti kepada Anda untuk selalu bekerja keras. Itulah berkah bahwa sedekah akan membuat rizki Anda berlipat-lipat. Bila Anda bersedekah dengan secuil rizki yang dianugerahkan Allah, Allah akan melipatgandakannya hingga sebesar gunung uhud, di Madinah. Sebuah riwayat mengatakan, Rasulullah saw, pernah bersabda: “Barangsiapa bersedekah dengan syarat dari harta yang halal, bukan dari harta yang haram, maka Allah akan memelihara sedekah itu sebagaimana kita memelihara anak kuda kalian, sehingga sedekah itu kan menjadi besar seperti gunung.”


Pada riwayat yang lain dikatakan, barangsiapa bersedekah dengan sebiji kurma, Allah SWT akan memberikan yang lebih besar dari gunung Uhud, padahal gunung Uhud adalah gunung yang sangat besar di madinah. Dalam kata lain, pahala yang diterima seseorang yang bersedekah adalah tujuh ratus kali lipat.

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan harta mereka di Jalan Allah adalah serupa dengan sebulir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji, dan Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261)

 

Nishab

Infaq/Shadaqah

Zakat Fitrah

Zakat Emas/Perak

Zakat Perdagangan

Zakat Pendapatan

Zakat Pertanian/Perkebunan

Zakat Perternakan/Perikanan

Zakat Pertambangan

Rikaaz

Pertanyaan


BOLEHKAH ZAKAT PERTANIAN DI JUAL OLEH AMIL KEMUDIAN DIBERIKAN UANG KEPADA MUSTAHIK..DIMANA DALAM PENJUALAN BELUM SE IZIN MUZAKKI



Kirim Pertanyaan


 
  • Bank Mandiri Syariah
    No. Rek. 431.0002.29.9

  • BRI Unit Meureudu
    No. Rek. 3970-01-000174-30-4

  • Bank Aceh Cabang Meureudu
    No. Rek. 085.01.02.590109-2
    No. Rek. 085.01.02.590110-9

 
 
Copyright © 2011. Baitul Mal Kabupaten Pidie Jaya - All Rights Reserved
Jalan Iskandar Muda (Kompleks Kantor Bupati Pidie Jaya)
email : admin@baitulmalpidiejaya.or.id